MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN MAMBORO DIBUKA OLEH BUPATI SUMBA TENGAH
MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN MAMBORO DIBUKA OLEH BUPATI SUMBA TENGAH

By Admin Kabupaten Sumba Tengah 11 Feb 2020, 10:51:00 WIB umum

Berita Terkait

Berita Populer

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN MAMBORO DIBUKA OLEH BUPATI SUMBA TENGAH

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN MAMBORO DIBUKA OLEH BUPATI SUMBA TENGAH

Waibakul - Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan pertama dilaksanakan di Kecamatan Mamboru yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 10 - 11 Februari 2020 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Mamboru.

Camat Mamboru Keri Napu, S.AP mengatakan Musrenbangcam Mamboru ini merupakan sebuah momentum yang sangat baik untuk membincangkan secara serius segala hal yang berkenaan dengan pembangunan di Kecamatan Mamboru terutama tentang Soli Oli Milla. "Ucap Keri Napu

Sehubungan dengan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Mamboru ada beberapa Isu Strategis Pembangunan Kecamatan Mamboru dan kesepakatan diantaranya.
1. Hasil kesepakatan Rapat Penyusunan Program Kerja Desa Tahun 2020, alokasi anggaran untuk pembangunan Rumah Mandiri dengan dana desa tahun 2020 berjumlah 10 unit per Desa bahkan ada beberapa Desa mencapai 12 hingga 13 unit Rumah, sedangkan dari APBD berjumpah 5 unit Rumah, dalam 5 tahun kedepan diharapkan terbangun Rumah Mandiri berjumlah 1.035 unit bahkan bisa lebih.
2. Mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam hal ini, mengoptimalisasi Palang Retribusi Galian Golongan C yang saat ini bertempat di Desa Wendewa Selatan.
3. Penyediaan Dokumen Perencanaan Pengembangan Wilayah Utara sebagai Rekomendasi RTRW Kabupaten Sumba Tengah, yaitu Rencana Tata Ruang Kawasan Agropolitan dan Minapolitan dan Pariwisata; RTR Kawasan Pusat Pelabuhan Kapulit; Pengembangan Kawasan Pantai Utara.
4. Pengembangan Sarana dan Prasarana Umum seperti pembangunan dan rehabilitasi ruang jalan Mamboru - Waikabubak, Pembangunan dan rehabilitasi ruas jalan Mamboru - Tana Righu, Pembangunan dan rehabilitasi ruas jalan Mamboru - Lenang.
5. Dalam rangka pemberantasan ilegal fishing di pantai diharapkan bisa berkoordinasi dengan Pemeintah Propinsi NTT kaitan pengamanan di pesisir Pantai Utara.
6. Pengolahan lahan masyarakat menggunakan Dana Desa mulai tahun 2019 hingga sekarang untuk pertanian dan perkebunan.
7. Melakukan percepatan operasional Pelabuhan Kapulit oleh Bidang Perhubungan pada Dinas PUPR.
8.Rencana Pembangunan Gelanggang Olahraga di Desa Manuwolu seluas 10ha, sekalian sebagai lapangan pacuan kuda Kecamatan Mamboru.


Selain itu adapula komitmen antara Camat dan 13 Kepala Desa serta seluruh komponen masyarakat Mamboro yaitu
Komitmen 100% realisasi PBB Tahun 2020
Komitmen 100% realisasi Rumah Mandiri 2020.
Kaitan dengan 11 Program Strategis Kabupaten Sumba Tengah salah satunya yaitu Air Bersih. Beberapa Sumber Air Bersih yang ada di Kecamatan Mamboru adalah :
Sumber Air Weebubula dapat melayani 3 Desa yaitu Desa Wendewa Selatan, Manuwolu, Wendewa Utara.
Sumber Air Wesoka dapat melayani 2 Desa yaitu Desa Ole Ate dan Bondusula.
Sumber Air Wekapambal dapat melayani 2 Desa yaitu Desa Wendewa Barat dan Desa Susu Wendewa.
Sumber Air Praikalala dapat melayani 3 Desa yaitu Desa Watu Asa, dan Wendewa Timur.
Sumber Air Wekaguruka dapat melayani 2 Desa yaitu Desa Cendana Barat dan Desa Cendana. Demikian disampaikan Camat Keri Napu dalam laporannya.

Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola, mengatakan "kegiatan ini setiap tahun rutin dilaksanakan, maka diharapkan agar kegiatan ini jangan dianggap bersifat formalitas saja. "Pergunakan kesempatan ini bagi semua pihak terutama para Kepala Desa yang mempunyai usulan Program dan Kegiatan di Desa supaya melalui wadah musrenbang ini bisa terjawab dan terakomodir." Ucapnya.

Selain itu, terkait 11 Program Strategis Kabupaten Sumba Tengah salah satunya yaitu Sekolah Model berbicara mengenai masalah pendidikan di Kelas Dasar, Camat dan para Kepala Desa harus terlibat proaktif melihat masalah pendidikan ini sebagai masalah utama yang harus dibicarakan serius." Ungkap Tagela

Sementara itu, Bupati Sumba Tengah mengatakan "Terkait kegiatan ini yang paling disoroti dan menjadi perhatian serius bersama untuk didiskusikan adalah masalah pendidikan dan kesehatan yaitu stunting, gizi buruk dan kasus kematian Ibu dan Anak, ini semua menjadi perhatian kita agar pada musrenbang berikut bisa disampaikan secara terperinci data kaitan Pro Oli Milla." Ucapnya

"Saya minta agar dirumuskan dan dipaparkan dengan terperinci data-data kaitan Pro Oli Milla yaitu data pendidikan dan kesehatan dan data tersebut harus data riil serta akurat diupdate untuk dibahas pada Musrenbang selanjutnya, jangan kita sekedar berbicara dan berdiskusi tanpa ada dasar yaitu data dan ini menjadi prioritas utama." Tegasnya.

Kaitan data pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui pemberdayaan Guru, dimana Guru harus benar-benar Sarjana pendidikan, harus ikut Uji Komptensi Guru (UKG), lalu ikut Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan mendapat sertifikasi. Jangan ada Guru tamatan SMA atau Guru TKS yang mengajar di Kelas Dasar tetapi harus Kepala Sekolah dan Guru Sarjana.
Kaitan kesehatan dalam rangka pencegahan kasus stunting, gizi buruk dam kematian Ibu dan Anak agar disiapkan data yang riil dan akurat dari setiap Desa di data dan berkoordinasi dengan Pustu atau Puskesmas setempat, sehingga bisa diketahui perkembangan dari tahun ke tahun permasalahan yang terjadi.
Hal lain yang tidak kalah penting didiskusikan antara lain Beasiswa Abadi dan Air Bersih serta Rumah Mandiri semuanya harus didasarkan pada data untuk didiskusikan dan dibahas." Ungkap Bupati Paulus.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola, Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, para Staf Ahli, para Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan Instansi Vertikal, Camat Mamboro, Kapolsek Mamboru, Babinsa, Kepala Desa se-Kecamatan Mamboro, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para Kepala Sekolah. (Humas)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment